Rabu, 06 Juni 2012

MUSIK SOUL

Musik jiwa adalah populer genre musik yang berasal dari Amerika Serikat pada 1950-an dan awal 1960-an, menggabungkan elemen dari Afrika Amerika musik gospel dan rhythm and blues .
According to the Rock and Roll Hall of Fame , soul is "music that arose out of the black experience in America through the transmutation of gospel and rhythm & blues into a form of funky , secular testifying." [ 1 ] Catchy rhythms, stressed by handclaps and extemporaneous body moves, are an important feature of soul music. Menurut Batu dan Hall of Fame roll , jiwa adalah "musik yang muncul dari pengalaman hitam di Amerika melalui transmutasi Injil dan irama & blues ke dalam bentuk yang funky , sekuler bersaksi. " [1] Menarik irama, ditekankan oleh handclaps dan tubuh bergerak tanpa persiapan, adalah fitur penting dari musik jiwa. Other characteristics are a call and response between the soloist and the chorus, and an especially tense vocal sound. Karakteristik lain adalah panggilan dan tanggapan antara penyanyi solo dan paduan suara, dan suara vokal terutama tegang. The style also occasionally uses improvisational additions, twirls and auxiliary sounds. [ 2 ] Gaya juga kadang-kadang menggunakan improvisasi tambahan, twirls dan suara tambahan. [2]

Isi


Asal

Soul music has its roots in gospel music and rhythm and blues . Musik jiwa berakar pada musik gospel dan rhythm and blues . The term 'soul' in black American parlance has connotations of black pride and culture. Gospel groups in the 1940s and 1950s occasionally used the term as part of their name. "Jiwa" Istilah dalam bahasa Amerika hitam memiliki konotasi kebanggaan hitam dan budaya. Injil kelompok pada 1940-an dan 1950-an kadang-kadang menggunakan istilah sebagai bagian dari nama mereka. The jazz that self-consciously derived from gospel came to be called soul jazz . Para jazz yang secara sadar berasal dari Injil yang kemudian disebut jazz jiwa . As singers and arrangers began using techniques from gospel and soul jazz in black popular music during the 1960s, soul music gradually functioned as an umbrella term for the black popular music at the time. [ 3 ] The term "soul music" itself, to describe gospel-style music with secular lyrics, is first attested in 1961. [ 4 ] Sebagai penyanyi dan arranger mulai menggunakan teknik-teknik dari Injil dan jazz jiwa dalam musik populer hitam selama 1960-an, musik jiwa secara bertahap difungsikan sebagai istilah payung untuk musik populer hitam pada saat itu. [3] Istilah "jiwa musik" itu sendiri, untuk menggambarkan Injil-gaya musik dengan lirik sekuler, pertama kali dibuktikan pada tahun 1961. [4]
Ray Charles is often cited as inventing the soul genre with his string of hits starting with 1954's " I Got a Woman ". Ray Charles sering disebut sebagai menciptakan genre jiwa dengan string nya hits dimulai dengan s 1954 " I Got a Woman ". Charles was open in acknowledging the influence of Pilgrim Travelers vocalist Jesse Whitaker on his singing style. Charles terbuka dalam mengakui pengaruh Pilgrim Wisatawan vokalis Jesse Whitaker pada gaya bernyanyi. Another view has it that a decade would transpire until Solomon Burke 's early recordings for Atlantic Records codified the soul style; his early 1960s songs "Cry to Me", "Just Out of Reach" and "Down in the Valley" are considered classics of the genre. Little Richard (who was the inspiration for Otis Redding ), [ 5 ] Fats Domino and James Brown originally called themselves rock and roll performers. [ citation needed ] However, as rock music moved away from its R&B roots in the 1960s, Brown claimed that he had always really been an R&B singer. [ citation needed ] Little Richard proclaimed himself the "king of rockin' and rollin', rhythm and blues soulin'", because his music embodied elements of all three, and because he inspired artists in all three genres. [ 6 ] [ 7 ] Jackie Wilson and Sam Cooke are also often acknowledged as soul forefathers. [ citation needed ] Pandangan lain mengatakan bahwa satu dekade yang akan terjadi sampai Salomo Burke rekaman itu awal untuk Atlantic Records dikodifikasikan gaya jiwa; awal 1960-an lagu "Cry to Me", "Hanya Dari Jangkauan" dan "Down di Lembah" dianggap klasik dari genre. Little Richard (yang menjadi inspirasi bagi Otis Redding ), [5] Dewa dan James Brown awalnya menyebut diri mereka rock and roll penyanyi. [ rujukan? ] Namun, seperti musik rock pindah dari R & B ke komersial pada tahun 1960 , Brown mengklaim bahwa dia selalu benar-benar menjadi penyanyi R & B. [ rujukan? ] Little Richard menyatakan dirinya "raja rockin 'dan bergelut, rhythm and blues' soulin", karena musiknya yang terkandung unsur-unsur dari ketiga, dan karena ia seniman yang diilhami dalam ketiga genre. [6] [7] Jackie Wilson dan Sam Cooke juga sering diakui sebagai nenek moyang jiwa. [ rujukan? ]
Aretha Franklin 's 1967 recordings, such as "I Never Loved a Man (The Way I Love You)", " Respect " (originally sung by Otis Redding ), and " Do Right Woman, Do Right Man " (written by Chips Moman and Dan Penn ), are considered the apogee of the soul genre, and were among its most commercially successful productions. [ citation needed ] In the late 1960s, Stax artists such as Redding, Eddie Floyd , Wilson Pickett , and Johnnie Taylor made significant contributions to soul music. [ citation needed ] Howard Tate 's recordings in the late 1960s for Verve Records , and later for Atlantic (produced by Jerry Ragovoy ) are another notable body of work in the soul genre. Aretha Franklin tahun 1967 rekaman, seperti "I Never Loved a Man ​​(The Way Aku cinta kamu)", " Menghormati "(awalnya dinyanyikan oleh Otis Redding ), dan " Apakah Wanita Kanan, Kanan Apakah Man "(ditulis oleh Chips Moman dan Dan Penn ), dianggap sebagai puncak dari genre jiwa, dan termasuk di antara produksinya paling sukses secara komersial. [ rujukan? ] Pada akhir tahun 1960, Stax artis seperti Redding, Eddie Floyd , Wilson Pickett , dan Johnnie Taylor membuat kontribusi yang signifikan musik jiwa [. rujukan? ] Howard Tate rekaman itu pada akhir tahun 1960 untuk Rekaman Verve , dan kemudian untuk Atlantic (diproduksi oleh Jerry Ragovoy ) adalah badan lain penting dari pekerjaan di genre jiwa. By 1968, the soul music movement had begun to splinter, as artists such as James Brown and Sly & the Family Stone began to incorporate new styles into their music. [ citation needed ] Pada tahun 1968, gerakan musik jiwa mulai sempalan, sebagai seniman seperti James Brown dan Sly & the Family Stone mulai memasukkan gaya baru ke dalam musik mereka. [ rujukan? ]

asal-usul geografis

Many [ who? ] consider the birthplace of soul music to be northern United States inner cities, particularly Chicago . Banyak [ siapa? ] mempertimbangkan tempat kelahiran musik jiwa menjadi utara Amerika Serikat pusat kota, terutama Chicago . Other cities, such as New York , Detroit , Memphis and Florence , quickly followed, creating their own soul styles based on their regional gospel roots. Kota-kota lain, seperti New York , Detroit , Memphis dan Florence , segera diikuti, menciptakan gaya jiwa mereka sendiri berdasarkan akar regional mereka Injil.
Florence, Alabama, was the home of FAME Studios . Jimmy Hughes , Percy Sledge and Arthur Alexander recorded at Fame, and Aretha Franklin recorded in the area later in the 1960s. Florence, Alabama, adalah rumah FAME Studios . Jimmy Hughes , Percy Sledge dan Arthur Alexander dicatat Fame, dan Aretha Franklin yang tercatat di daerah tersebut kemudian pada tahun 1960. Fame Studios (often referred to as Muscle Shoals after a nearby town) enjoyed a close relationship with the Memphis label Stax Records , and many of the musicians and producers who worked in Memphis contributed to recordings in Alabama. Ketenaran Studios (sering disebut sebagai Muscle Shoals setelah kota terdekat) menikmati hubungan yang erat dengan label Memphis Catatan Stax , dan banyak dari para musisi dan produser yang bekerja di Memphis berkontribusi rekaman di Alabama. Another notable Memphis label was Goldwax Records, which signed OV Wright and James Carr . Lain label Memphis menonjol adalah Goldwax Records, yang ditandatangani OV Wright dan James Carr . Carr's " The Dark End of the Street " (written by Chips Moman and Dan Penn ) was recorded in 1967 at two other Memphis studios, Royal Recording and American Sound Studios. Carr " Akhir Gelap Street "(ditulis oleh Chips Moman dan Dan Penn ) tercatat pada tahun 1967 di dua studio Memphis lainnya, Royal Pencatatan dan Sound Studios Amerika. American Sound Studios owner Chips Moman produced "The Dark End of the Street", and the musicians were his house band of Reggie Young , Bobby Woods, Tommy Cogbill and Gene Chrisman. Amerika Suara Studios pemilik Chips Moman diproduksi "The End Gelap Street", dan para musisi itu miliknya rumah Band dari Reggie muda , Bobby Woods, Tommy Cogbill dan Gene Chrisman. Carr also recorded songs at Fame Studio with musicians David Hood , Jimmy Johnson and Roger Hawkins . Carr juga merekam lagu pada Ketenaran Studio dengan musisi David Hood , Jimmy Johnson dan Roger Hawkins .
The Detroit-based Motown Records also contributed to the soul canon in the 1960s, although at the time, the label described itself as a manufacturer of pop music . Detroit berbasis Motown Records juga memberikan kontribusi terhadap kanon jiwa pada tahun 1960, meskipun pada saat itu, label itu sendiri dijelaskan sebagai produsen musik pop . Music by Motown artists such as Stevie Wonder , Gladys Knight & the Pips , Marvin Gaye , the Temptations , and the Supremes did much to popularize what became known as the Motown sound . Musik oleh seniman Motown seperti Stevie Wonder , Gladys Knight & the Pips , Marvin Gaye , yang Temptations , dan Supremes tidak banyak untuk mempopulerkan apa yang dikenal sebagai suara Motown.
In Chicago, Curtis Mayfield helped develop the sweet soul sound that later earned him a reputation as the Godfather of northern soul . Di Chicago, Curtis Mayfield membantu mengembangkan jiwa suara manis yang kemudian membuatnya mendapatkan reputasi sebagai Godfather of jiwa utara . As a member of The Impressions , Mayfield infused a call and response style of group singing that came out of gospel, and influenced many other groups of the era, notably fellow Chicago artists the Radiants. Sebagai anggota The Tayangan , Mayfield diresapi sebuah panggilan dan respon gaya menyanyi kelompok yang keluar dari Injil, dan mempengaruhi banyak kelompok lain pada zaman tersebut, khususnya sesama Chicago seniman radiants.

1970-an dan kemudian

Al Green , influential soul performer Al Green , pemain jiwa berpengaruh
Later examples of soul music include recordings by The Staple Singers (such as I'll Take You There ), and Al Green 's 1970s recordings, done at Willie Mitchell's ' Royal Recording in Memphis. Kemudian contoh musik jiwa termasuk rekaman oleh The Singers Staple (seperti saya akan Membawamu Ada), dan Al Hijau 'tahun 1970 s rekaman, dilakukan pada Willie Mitchell 'Rekaman Kerajaan di Memphis. Mitchell's Hi Records continued the Stax tradition in that decade, releasing many hits by Green, Ann Peebles , Otis Clay, OV Wright and Syl Johnson . Bobby Womack , who recorded with Chips Moman in the late 1960s, continued to produce soul recordings in the 1970s and 1980s. Mitchell Hi Catatan melanjutkan Stax tradisi dalam dekade itu, melepaskan banyak hits oleh Green, Ann Peebles , Otis Clay, OV Wright dan Syl Johnson . Bobby Womack , yang direkam dengan Chips Moman pada akhir tahun 1960, terus memproduksi rekaman jiwa pada tahun 1970 dan 1980-an.
In Detroit , producer Don Davis worked with Stax artists such as Johnnie Taylor and The Dramatics . Di Detroit , produser Don Davis bekerja dengan Stax artis seperti Johnnie Taylor dan The drama . Early 1970s recordings by The Detroit Emeralds, such as Do Me Right , are a link between soul and the later disco style. Motown Records artists such as Marvin Gaye , Michael Jackson , Stevie Wonder and Smokey Robinson contributed to the evolution of soul music, although their recordings were considered more in a pop music vein than those of Redding, Franklin and Carr. Awal 1970-an rekaman oleh The Zamrud Detroit, seperti Do Me Right, adalah hubungan antara jiwa dan kemudian disko gaya. Catatan Motown artis seperti Marvin Gaye , Michael Jackson , Stevie Wonder dan Smokey Robinson berkontribusi pada evolusi musik jiwa, meskipun rekaman mereka dianggap lebih dalam musik pop vena dibandingkan Redding, Franklin dan Carr. Although stylistically different from classic soul music, recordings by Chicago -based artists are often considered part of the genre. Meskipun Gaya yang berbeda dari musik jiwa klasik, rekaman oleh Chicago berbasis seniman sering dianggap sebagai bagian dari genre.
By the early 1970s, soul music had been influenced by psychedelic rock and other genres. Pada awal 1970-an, jiwa musik telah dipengaruhi oleh psychedelic rock dan genre lainnya. The social and political ferment of the times inspired artists like Gaye and Curtis Mayfield to release album-length statements with hard-hitting social commentary. Gejolak sosial dan politik besar kali terinspirasi seniman seperti Gaye dan Curtis Mayfield untuk merilis album-panjang pernyataan dengan keras memukul komentar sosial. Artists like James Brown led soul towards funk music, which became typified by 1970s bands like Parliament-Funkadelic and The Meters . Seniman seperti James Brown memimpin jiwa menuju funk musik, yang menjadi ditandai oleh 1970-an band-band seperti DPR-Funkadelic dan ini Meter . More versatile groups like War , the Commodores and Earth, Wind and Fire became popular around this time. Grup yang lebih serbaguna seperti Perang , yang Commodores dan Bumi, Angin dan Api menjadi populer sekitar waktu ini. During the 1970s, some slick and commercial blue-eyed soul acts like Philadelphia's Hall & Oates and Oakland's Tower of Power achieved mainstream success, as did a new generation of street-corner harmony or city-soul groups like The Delfonics and Howard University's Unifics. Selama tahun 1970, beberapa licin dan komersial jiwa bermata biru bertindak seperti Philadelphia Hall & Oates dan Oakland Tower of Power mencapai kesuksesan mainstream, seperti yang dilakukan generasi baru jalan-sudut harmoni atau kota-jiwa kelompok-kelompok seperti The Delfonics dan Unifics Howard University.
The syndicated television series Soul Train , created hosted by Chicago native Don Cornelius , debuted in 1971. Seri televisi sindikasi Soul Train , yang diciptakan diselenggarakan oleh Chicago asli Don Cornelius , memulai debutnya pada tahun 1971. The show provided an outlet for soul music for several decades, also spawning a franchise that saw the creation of a record label ( Soul Train Records ) that distributed music by The Whispers , Carrie Lucas , and an up-and-coming group known as Shalamar . Acara ini menjadi saluran bagi musik jiwa selama beberapa dekade, juga pemijahan waralaba yang melihat penciptaan sebuah label rekaman ( Jiwa Rekor Kereta ) yang didistribusikan musik oleh The Whispers , Carrie Lucas , dan kelompok-dan-datang dikenal sebagai Shalamar . Numerous disputes led to Cornelius spinning off the record label to his talent booker, Dick Griffey , who transformed the label into Solar Records , itself a prominent soul music label throughout the 1980s. Banyak perselisihan menyebabkan Cornelius berputar dari label rekaman untuk nya bakat Booker, Dick Griffey , yang berubah label menjadi Catatan Surya , sendiri merupakan label musik jiwa menonjol sepanjang tahun 1980. The TV series continued to air until 2006, although other predominantly black music genre such as hip hop began overshadowing soul on the show beginning in the 1980s. Serial TV terus udara sampai 2006, meskipun lainnya didominasi hitam genre musik seperti hip hop mulai membayangi jiwa pada awal acara di tahun 1980an.
As disco and funk were dominating the charts in the late 1970s and early 1980s, soul went in the direction of quiet storm . Sebagai disko dan funk mendominasi tangga lagu pada akhir tahun 1970 dan awal 1980-an, jiwa pergi ke arah badai yang tenang . With its relaxed tempos and soft melodies, quiet storm soul took influences from soft rock and adult contemporary. Dengan tempo yang santai dan melodi yang lembut, jiwa yang tenang badai mengambil pengaruh dari rock lembut dan dewasa kontemporer. Many funk bands, such as Con Funk Shun , Cameo , and Lakeside would have a few quiet storm tracks on their albums. Band funk, seperti Con Funk Shun , Cameo , dan Lakeside akan memiliki trek badai beberapa tenang di album mereka. Among the most successful acts in this era include Smokey Robinson , Teddy Pendergrass , Peabo Bryson , Atlantic Starr , and Larry Graham . Di antara tindakan yang paling sukses di era ini termasuk Smokey Robinson , Teddy Pendergrass , Peabo Bryson , Atlantic Starr , dan Larry Graham .
After the decline of disco and funk in the early 1980s, soul music became influenced by electro music . Setelah penurunan disko dan funk pada awal tahun 1980, jiwa musik menjadi dipengaruhi oleh musik elektro . It became less raw and more slickly produced, resulting in a style known as contemporary R&B , which sounded very different from the original rhythm and blues style. Ini menjadi kurang baku dan lebih slickly diproduksi, menghasilkan gaya yang dikenal sebagai R & B kontemporer , yang terdengar sangat berbeda dari aslinya rhythm and blues gaya.
The United States saw the development of neo-soul around 1994. Amerika Serikat melihat perkembangan neo-jiwa sekitar tahun 1994. Mainstream record label marketing support for soul genres cooled in the 2000s due to the industry's re-focus on hip hop. Mainstream label rekaman pemasaran dukungan untuk genre jiwa didinginkan di tahun 2000 karena industri kembali fokus pada hip hop.

label rekaman terkenal dan produsen

Motown Records

Berry Gordy 's successful Tamla/Motown group of labels was notable for being black-owned, unlike most of the earlier independent R&B labels. Berry Gordy 'sukses Tamla / Motown sekelompok label terkenal karena menjadi hitam milik, tidak seperti sebagian besar R & B label sebelumnya independen. Notable artists under this label were The Supremes , The Temptations , Smokey Robinson and the Miracles , the Four Tops , Marvin Gaye , Tammi Terrell , Martha and the Vandellas , and The Jackson Five . Seniman terkenal di bawah label ini adalah The Supremes , The Temptations , Smokey Robinson dan karya Agung , yang Empat Tops , Marvin Gaye , Tammi Terrell , Martha dan Vandellas , dan The Jackson Five . Hits were made using a quasi-industrial production-line approach. Hit dibuat menggunakan kuasi-industri produksi-line pendekatan. Some considered the sound to be mechanistic but producers and songwriters such as Phil Spector brought artistic judgement to the three minute tunes. Brian Holland , Lamont Dozier and Eddie Holland were rarely out of the charts for their work as writers and producers for The Supremes , the Four Tops and Martha and the Vandellas . Beberapa dianggap suara menjadi mekanistik tetapi produser dan penulis lagu seperti Phil Spector membawa penghakiman artistik untuk tiga lagu menit. Brian Holland , Lamont Dozier dan Eddie Belanda jarang keluar dari tangga lagu untuk pekerjaan mereka sebagai penulis dan produser untuk The Supremes , yang Empat Tops dan Martha dan Vandellas . They allowed important elements to shine through the dense musical texture. Mereka diizinkan elemen penting untuk bersinar melalui tekstur musik padat. There was a large emphasis on the rhythm section with handclaps or tambourine. Smokey Robinson was another writer and producer who added lyrics to "The Tracks Of My Tears" which was one of the most important songs of the decade. Ada penekanan yang besar pada rhythm section dengan handclaps atau rebana. Smokey Robinson adalah penulis lain dan produser yang menambahkan lirik "The Tracks Of Tears Saya" yang merupakan salah satu lagu yang paling penting dari dekade ini.

Stax Records dan Atlantic Records

These independent labels produced high-quality dance records with such singers as Aretha Franklin , Otis Redding and Wilson Pickett . Label-label independen diproduksi berkualitas tinggi catatan tari dengan penyanyi seperti Aretha Franklin , Otis Redding dan Wilson Pickett . They tended to have smaller ensembles marked by expressive gospel-tinged vocals. Mereka cenderung memiliki ansambel kecil ditandai dengan ekspresif Injil-biruan vokal. Brass and Saxophones were also used extensively. [ 8 ] Kuningan dan saksofon juga digunakan secara luas. [8]

subgenre

Detroit (Motown) soul

Dominated by Berry Gordy 's Motown Records empire, Detroit soul is strongly rhythmic and influenced by gospel music. Didominasi oleh Berry Gordy 's Motown Records kerajaan, Detroit jiwa adalah sangat berirama dan dipengaruhi oleh musik gospel. The Motown sound often includes hand clapping , a powerful bass line, violins and bells . Suara Motown sering kali berisi tangan bertepuk tangan , garis bass yang kuat, biola dan lonceng . Motown Records' house band was The Funk Brothers . House band Motown Records 'adalah Brothers Funk .

Deep soul and southern soul

The terms deep soul and southern soul generally refer to a driving, energetic soul style combining R&B 's energy with pulsating southern United States gospel music sounds. Memphis, Tennessee label Stax Records nurtured a distinctive sound, which included putting vocals further back in the mix than most contemporary R&B records, using vibrant horn parts in place of background vocals, and a focus on the low end of the frequency spectrum. Jiwa istilah dalam dan jiwa selatan umumnya mengacu pada mengemudi sebuah, jiwa gaya energik menggabungkan R & B energi 'dengan berdenyut selatan Amerika Serikat musik gospel suara. Memphis, Tennessee label Stax Record dipelihara suara khas, yang termasuk vokal menempatkan lebih jauh lagi dalam campuran dari yang paling kontemporer R & B catatan, menggunakan bagian tanduk bersemangat di tempat vokal latar belakang, dan fokus pada akhir rendah dari spektrum frekuensi. The vast majority of Stax releases were backed by house bands Booker T and the MGs (with Booker T. Jones , Steve Cropper , Duck Dunn , and Al Jackson ) and the Memphis Horns (the splinter horn section of the Mar-Keys ). Sebagian besar siaran Stax yang didukung oleh rumah band Booker T dan MGS (dengan Booker T. Jones , Steve Cropper , Duck Dunn , dan Al Jackson ) dan Tanduk Memphis (tanduk sempalan bagian Mar-Keys ).

Memphis soul

Memphis soul is a shimmering, sultry style of soul music produced in the 1960s and 1970s at Stax Records and Hi Records in Memphis, Tennessee . Memphis jiwa adalah gaya, berkilauan gerah musik jiwa diproduksi pada 1960-an dan 1970-an di Stax Record dan Rekaman Hi di Memphis, Tennessee . It featured melancholic and melodic horns, organ, bass, and drums, as heard in recordings by Hi's Al Green and Stax's Booker T. & the MG's . Ini menampilkan tanduk melankolis dan melodis, organ, bass, dan drum, seperti terdengar di rekaman oleh Hi yang Hijau Daun dan Stax ini Booker T. & MG itu . The latter group also sometimes played in the harder-edged Southern soul style. Kelompok terakhir juga kadang-kadang bermain di lebih keras bermata jiwa Selatan gaya. The Hi Records house band ( Hi Rhythm Section ) and producer Willie Mitchell developed a surging soul style heard in the label's 1970s hit recordings. Hi Rekaman rumah band ( Hi Bagian Rhythm ) dan produser Willie Mitchell mengembangkan gaya jiwa bergelombang terdengar di tahun 1970 label rekaman hit. Some Stax recordings fit into this style, but had their own unique sound. Beberapa rekaman Stax cocok dengan gaya ini, tetapi memiliki suara mereka sendiri yang unik.

New Orleans soul

The New Orleans soul scene directly came out of the rhythm and blues era, when such artists as Little Richard , Fats Domino , and Huey Piano Smith made a huge impact on the pop and R&B charts and a huge direct influence on the birth of Funk music. Adegan Orleans jiwa Baru langsung keluar dari era rhythm and blues, ketika artis seperti Little Richard , Fats Domino , dan Kwik Piano Smith membuat dampak besar pada pop dan R & B grafik dan pengaruh langsung yang besar pada kelahiran Funk musik . The principal architect of Crescent City's soul was songwriter, arranger, and producer Allen Toussaint . Arsitek utama dari jiwa Crescent City adalah penulis lagu, arranger, dan produser Toussaint Allen . He worked with such artists as Irma Thomas (“the Soul Queen of New Orleans”), Jessie Hill, Kris Kenner, Benny Spellman, and Ernie K. Doe on the Minit/Instant label complex to produced a distinctive New Orleans soul sound generating a passel of national hits. Dia bekerja dengan artis seperti Irma Thomas ("Ratu Soul of New Orleans"), Jessie Hill, Kris Kenner, Benny Spellman, dan Ernie K. Doe pada label Minit / Instan kompleks untuk menghasilkan New Orleans khas suara jiwa menghasilkan passel hit nasional. Other notable New Orleans hits came from Robert Parker, Betty Harris , and Aaron Neville . Penting lain New Orleans hit datang dari Robert Parker, Betty Harris , dan Aaron Neville . While record labels in New Orleans largely disappeared by the mid-1960s, producers in the city continued to record New Orleans soul artists for other mainly New York and Los Angeles record labels—notably Lee Dorsey for New York–based Amy Records and the Meters for New York–based Josie and then LA-based Reprise. Sementara catatan label di New Orleans sebagian besar menghilang pada pertengahan 1960-an, produsen di kota terus merekam seniman New Orleans jiwa untuk York terutama Baru lainnya dan Los Angeles merekam label-terutama Lee Dorsey Records Amy berbasis di New York dan Meter untuk berbasis di New York Josie dan kemudian LA berbasis Reprise.

Chicago soul

Chicago soul generally had a light gospel-influenced sound, but the large number of record labels based in the city tended to produce a more diverse sound than other cities. Vee Jay Records , which lasted until 1966, produced recordings by Jerry Butler , Betty Everett , Dee Clark , and Gene Chandler . Chess Records , mainly a blues and rock and roll label, produced a number of major soul artists. Curtis Mayfield not only scored many hits with his group, The Impressions , but wrote many hit songs for Chicago artists and produced hits on his own labels for The Fascinations and the Five Stairsteps . Chicago jiwa umumnya memiliki suara Injil yang dipengaruhi cahaya, tetapi sejumlah besar label rekaman yang berbasis di kota cenderung menghasilkan suara yang lebih beragam dari kota lain. Jay Vee Record , yang berlangsung sampai 1966, diproduksi rekaman oleh Jerry Butler , Betty Everett , Dee Clark , dan Chandler Gene . Rekor Catur , terutama blues dan rock dan label roll, menghasilkan sejumlah seniman jiwa besar. Curtis Mayfield tidak hanya mencetak banyak hits dengan kelompoknya, The Tayangan , tapi menulis lagu hit untuk seniman Chicago dan diproduksi hits di label sendiri untuk Para Fascinations dan Lima Stairsteps .

[ edit ] Philadelphia soul [ sunting ] Philadelphia jiwa

Based primarily in the Philadelphia International record label, Philadelphia soul (AKA Philly Soul) had a lush orchestral sound and doo-wop -inspired vocals. Thom Bell , and Kenneth Gamble & Leon Huff are considered the founders of Philadelphia soul. Berdasarkan terutama di Internasional Philadelphia label rekaman, Philadelphia jiwa (Jiwa Philly AKA) memiliki subur orkestra suara dan doo-wop -terinspirasi vokal. Thom Bell , dan Kenneth Gamble & Huff Leon dianggap pendiri jiwa Philadelphia.

Psychedelic soul

Psychedelic soul was a blend of psychedelic rock and soul music in the late 1960s, which paved the way for the mainstream emergence of funk music a few years later. Jiwa psychedelic adalah campuran psychedelic rock dan soul pada akhir tahun 1960, yang membuka jalan bagi munculnya arus utama funk musik beberapa tahun kemudian. The Politicians were one example. Para politisi adalah salah satu contoh.

Blue-eyed soul

Blue-eyed soul is a term used to describe R&B or soul music performed by white artists. Bermata biru jiwa adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan R & B atau musik jiwa dilakukan oleh putih seniman. The term does not refer to a distinct style of music, and the meaning of blue-eyed soul has evolved over decades. Istilah ini tidak mengacu pada gaya yang berbeda dari musik, dan arti bermata biru jiwa telah berkembang selama beberapa dekade. Originally the term was associated with mid-1960s white artists who performed soul and R&B that was similar to the music released by Motown Records and Stax Records . Awalnya istilah ini dikaitkan dengan pertengahan 1960-an seniman kulit putih yang dilakukan jiwa dan R & B yang mirip dengan musik yang dirilis oleh Motown Records dan Stax Record . The term continued to be used in the 1970s and 1980s, particularly by the British media to describe a new generation of singers who adopted elements of the Stax and Motown sounds. Istilah ini terus digunakan pada 1970-an dan 1980-an, terutama oleh Inggris media untuk menggambarkan generasi baru penyanyi yang mengadopsi elemen dari Stax dan suara Motown. To a lesser extent, the term has been applied to singers in other music genres that are influenced by soul music.Artists like Christina Aguilera and Adele are known as Blue-eyed soul singers. Pada tingkat lebih rendah, istilah telah diterapkan untuk penyanyi lain dalam genre musik yang dipengaruhi oleh music.Artists jiwa seperti Christina Aguilera dan Adele dikenal sebagai bermata biru jiwa penyanyi.

British Soul

Soul has been a major influence on British popular music since the 1960s including bands of the British Invasion , most significantly The Beatles . [ 9 ] There were a handful of significant British Blue-eyed soul acts, including Dusty Springfield and Tom Jones . [ 10 ] American soul was extremely popular among some youth sub-cultures like the Northern soul and Modern soul movements, but a clear genre of British soul did not emerge until the 1980s when a number of artists including George Michael , Sade , Simply Red , Lisa Stansfield and Soul II Soul enjoyed commercial success. [ 11 ] The popularity of British soul artists in the US, most notably Amy Winehouse , Adele , Estelle , Duffy , Joss Stone , and Leona Lewis led to talk of a third British Invasion or soul invasion in the 2000s. [ 12 ] [ 13 ] Jiwa telah menjadi pengaruh besar pada musik populer Inggris sejak tahun 1960 termasuk ban dari British Invasion , yang paling penting The Beatles . [9] Ada beberapa signifikan Inggris bermata biru jiwa tindakan, termasuk Dusty Springfield dan Tom Jones . [10 ] Amerika jiwa sangat populer di antara beberapa pemuda sub-budaya seperti jiwa Utara dan jiwa modern gerakan, tetapi sebuah genre yang jelas jiwa Inggris tidak muncul sampai tahun 1980-an ketika sejumlah seniman termasuk George Michael , Sade , Simply Red , Lisa Stansfield dan Jiwa II Jiwa menikmati kesuksesan komersial. [11] Popularitas berjiwa seniman Inggris di AS, terutama Amy Winehouse , Adele , Estelle , Duffy , Joss Stone , dan Leona Lewis menyebabkan bicara dari British Invasion ketiga atau invasi jiwa dalam 2000-an. [12] [13]

Neo soul

The term neo soul is a marketing phrase coined by producer and record label executive Kedar Massenburg to describe a musical blend of 1970s soul-style vocals and instrumentation with contemporary R&B sounds, hip hop beats and poetic interludes. Jiwa neo panjang adalah frase pemasaran diciptakan oleh produser dan label rekaman eksekutif Kedar Massenburg untuk menggambarkan perpaduan musik dari 1970 jiwa-gaya vokal dan instrumentasi dengan kontemporer R & B suara, hip hop beats dan selingan puitis. The style was developed in the early to mid 1990s. Gaya ini dikembangkan pada awal hingga pertengahan 1990-an. A key element in neo soul is a heavy dose of Fender Rhodes or Wurlitzer electric piano pads over a mellow, grooving interplay between the drums (usually with a rim shot snare sound) and a muted, deep funky bass. Elemen kunci dalam jiwa neo adalah dosis berat Fender Rhodes atau listrik Wurlitzer piano bantalan selama interaksi, mellow grooving antara drum (biasanya dengan suara tembakan rim snare) dan bass, funky diredam dalam. The Fender Rhodes piano sound gives the music a warm, organic character. The Fender Rhodes memberikan suara piano musik karakter, hangat organik.

Northern soul and modern soul

The phrase northern soul was coined by journalist Dave Godin and popularised in 1970 through his column in Blues and Soul magazine. [ 14 ] The term refers to rare soul music that was played by DJs at nightclubs in northern England . Jiwa frase utara diciptakan oleh jurnalis Dave Godin dan dipopulerkan pada tahun 1970 melalui kolomnya di majalah Blues dan Soul. [14] Istilah ini mengacu pada jiwa musik langka yang dimainkan oleh DJ di klub malam di Inggris bagian utara . The playlists originally consisted of obscure 1960s and early 1970s American soul recordings with an uptempo beat, such as those on Motown Records and more obscure labels such as Okeh Records . Modern soul developed when northern soul DJs began looking in record shops in the United States and United Kingdom for music that was more complex and contemporary. Playlist awalnya terdiri dari 1960-an jelas dan awal 1970-an Amerika rekaman jiwa dengan uptempo beat, seperti yang di Motown Records dan label jelas lebih seperti Rekor Okeh . jiwa modern dikembangkan ketika DJ jiwa utara mulai mencari di toko musik di Amerika Serikat dan Inggris untuk musik yang lebih kompleks dan kontemporer. What emerged was a richer sound that was more advanced in terms of Hi-Fi and FM radio technology. Yang muncul adalah suara yang lebih kaya yang lebih maju dalam hal Hi-Fi dan FM radio teknologi.

Nu-jazz and soulful electronica

Many artists in various genres of electronic music (such as house , drum n bass , UK garage , and downtempo ) are heavily influenced by soul, and have produced many soul-inspired compositions. Banyak seniman di berbagai genre musik elektronik (seperti rumah , Drum n bass , Inggris garasi , dan downtempo ) banyak dipengaruhi oleh jiwa, dan telah menghasilkan banyak jiwa yang terinspirasi komposisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar